Terima Kasih, Anda Telah Mengunjungi Bappeda Kabupaten Blora; Lomba desain web profil dinas/instansi dan lomba Krenova 2014 dapat dilihat di website Bappeda "bappeda.blorakab.go.id atau di http://bappedablora.blogspot.com; Anda dapat mengunjungi website resmi Bappeda Blora; bappeda.blorakab.go.id;Dimohon foto atau laporan kegiatan bidang dan sekretariat yang perlu dipublikasikan agar diemailkan ke alamat bappeda@blorakab.go.id atau bappedablora@gmail.com dengan subyek "bahan sosialisasi blog"

Wednesday 27 August 2014

DDA sebagai Dasar Kebijakan Fiskal



Pak Komang di hadapan peserta bintek DDA
Asisten Administrasi Setda Blora Komang Gede Irawadi, di depan peserta Bimbingan Teknis Penyusunan Daerah Dalam Angka yang digelar di Gedung Pertemuan Bappeda Blora, 25-26 Agustus 2014 menjelaskan bahwa publikasi Daerah Dalam Angka adalah publikasi tahunan, yang merupakan kelanjutan publikasi sejenis dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti diketahui sebagian peserta bahwa Daerah Dalam Angka menyajikan beragam jenis data dari berbagai instansi yang ada di daerah, baik instansi pemerintah maupun swasta,  untuk memberikan gambaran umum tentang geografi, iklim dan keadaan sosial ekonomi di daerah tersebut. Lebih lanjut Pak Komang (panggilan akrab Komang Gede Irawadi) menandaskan bahwa DDA digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan untuk penentuan kebijakan fiskal, kebijakan moneter, kebijakan moneter, kebijakan sektoral industri, perdagangan, energi, dan pangan.  
Sebagai tolok ukur seberapa jauh pembangunan telah mencapai hasil yang diharapkan dan bagaimana dampaknya juga merupakan sebagian dari manfaat disusunnya DDA bagi pemerintah daerah. Selain itu, bagi masyarakat dan peneliti DDA dapat dimanfaatkan sebagai sumber data untuk penelitian. Dengan DDA, kita akan mampu memberikan informasi data kuantitatif sebagai salah satu bahan penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. Menyediakan data statistik yang lengkap, akurat, dan mutakhir dalam rangka mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien guna mendukung pembangunan nasional adalah sebagai langkah positif dalam menyediakan data. Pak Komang juga mengingatkan bahwa DDA yang disusun oleh pemerintah kabupaten itu sangat mendukung pembangunan nasional dan sebagai salah satu alat untuk mengembangkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien. Dengan  demikian diharapkan agar DDA yang disusun itu mampu meningkatkan kesadaran masyarakat masyarakat akan arti dan kegunaan statistik. Di satu sisi DDA tersebut digunakan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mengetahui kualitas suatu data, Komang memberikan beberapa tips antara lain melihat dari beberapa aspek. Pertama aspek ketepatan, kedua aspek konsistensi, ketiga aspek sensibilitas. Secara teoritis dijelaskan bahwa kualitas data sangat ditentukan oleh metode pengumpulan, metode pengolahan, editing dan processing. "Namun dalam praktek sehari-hari, kualitas data juga dipengaruhi oleh masyarakat yang diteliti atau responden, aparat pengumpul dan pengolahannya, metode,  predicted,  prosestase error sampling dan unpredicted", tandas Komang. (A. Mahbub Djunaidi, Kasubbid Statistik Bappeda Blora)

No comments:

Post a Comment