Terima Kasih, Anda Telah Mengunjungi Bappeda Kabupaten Blora; Lomba desain web profil dinas/instansi dan lomba Krenova 2014 dapat dilihat di website Bappeda "bappeda.blorakab.go.id atau di http://bappedablora.blogspot.com; Anda dapat mengunjungi website resmi Bappeda Blora; bappeda.blorakab.go.id;Dimohon foto atau laporan kegiatan bidang dan sekretariat yang perlu dipublikasikan agar diemailkan ke alamat bappeda@blorakab.go.id atau bappedablora@gmail.com dengan subyek "bahan sosialisasi blog"

Tuesday 2 September 2014

DDA Data Primadona



Peserta Bintek Penyusunan DDA di Bappeda

Data dibutuhkan dalam setiap proses perencanaan pembangunan. Data digunakan sebagai dasar perencanaan (Planning), alat pengawasan (controlling), dan dasar evaluasi (evaluation). Sebagai raw material didalam proses perencanaan pembangunan, data mempunyai peranan yang sangat penting terhadap penentuan rencana pembangunan itu sendiri. Data yang kurang baik atau kurang lengkap tentu akan berdampak pada kesalahan didalam membuat rencana pembangunan. Demikian pernyataan Kepala BPS Blora Fenny Susanto melalui Kepala Seksi IPDS Muhamad Yamani saat memberikan paparan di hadapan peserta Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan Daerah Dalam Angka, 25-26 Agustus di Bappeda Blora.
Bintek  yang diikuti semua kontributor DDA ini diharapkan mempunyai pemahaman yang sama bahwa tidak semua data layak digunakan baik dalam proses perencanaan, pengawasan dan evaluasi kegiatan. Untuk itu data yang diminta oleh tim penyusun agar dipenuhi karena telah dipertimbangkan segi kemanfaatan data terhadap proses pembangunan. Lebih lanjut Yamani menjelaskan bahwa untuk memenuhi kelayakan data agar dapat digunakan sebagai bahan dasar perencanaan pembangunan maka data harus berkualitas, maka data yang dikumpulkan harus dijamin tingkat kehandalan (reliable) dan tingkat kemanfaatan, tepat waktu (up to date), relevan, data harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (Objektif), data mewakili objek yang diteliti/diamati (Representatif) dan mengandung sedikit kesalahan (minimum error).
Untuk mengetahui tingkat kebutuhan data, BPS Kabupaten Blora melakukan survei terhadap pengunjung dan pengguna Pelayanan Statistik Terpadu (PST) dengan tujuan untuk mengetahui jenis media yang paling sering dikunjungi, mengetahui jenis layanan yang paling banyak digunakan, Jenis publikasi dan data yang paling banyak dibutuhkan. Hasil survei tersebut diperoleh informasi bahwa responden berpendapat kalau DDA merupakan data yang paling primadona (publikasi paling banyak) dicari dan dibutuhkan, kedua merupakan sarana promosi potensi daerah dan merupakan bahan perencanaan dan ketiga sebagai evaluasi terhadap pembangunan. Menurut Kepala BPS Blora Fenny Susanto melalui Kepala Seksi IPDS Muhamad Yamani mengatakan bahwa kendala yang dihadapi dalam menyusun DDA antara lain pemasukan data dari sumber data tidak tepat waktu, data yang masuk tidak sesuai dengan format yang diberikan, data yang masuk tidak konsisten baik dalam tabel, antar tabel maupun dengan data tahun2 sebelumnya, Contact Person dari instansi yang tidak tetap karena terjadi mutasi. (A. Mahbub Djunaidi)

No comments:

Post a Comment